cursor by thetremblingofmyhand cursor by thetremblingofmyhand

Jumat, 23 Oktober 2015

Galabriel and Celeborn





1)Galabriel Lady of Light Lady of Light(Nanya Ring Bearer)

Cerita kehidupan Galadriel ini sebelum The Lord of the Rings muncul di kedua The Silmarillion dan Tales Unfinished. Galadriel adalah satu-satunya anak perempuan dan anak bungsu dari Finarfin, pangeran dari Noldor, dan Eärwen, yang adalah sepupu ke Luthien. Saudara tua nya yang Finrod Felagund, Angrod, dan Aegnor. Dia lahir di Valinor selama Tahun Pohon.

Galadriel digambarkan sebagai telah "diberkati dengan kemampuan untuk mengintip ke dalam pikiran orang lain dan dia menilai mereka jadi cukup. Tapi di Fëanor, dia hanya melihat kegelapan" [3] Sebagai salah satu anggota rumah kerajaan HIUKami dan. memiliki darah Vanyar dari nenek dari pihak ayah, Indis, ia sering disebut paling adil dari semua Elf, baik dalam Aman atau Middle-earth.

Menurut akun tua dari ceritanya, membuat sketsa oleh Tolkien dalam The Road Goes Pernah Aktif dan digunakan dalam The Silmarillion, Galadriel adalah peserta bersemangat dan pemimpin dalam pemberontakan Noldor dan penerbangan mereka dari Valinor; pada kenyataannya, dia adalah "satu-satunya perempuan untuk berdiri tegak di hari-hari". Dia Namun lama berpisah dengan Fëanor dan anak-anaknya, dan tidak berpartisipasi dalam Kinslaying di Alqualondë. Dalam Beleriand dia tinggal dengan kakaknya Finrod Felagund di Nargothrond dan di istana Thingol dan Melian di Doriath. Dalam akun ini ia bertemu Celeborn, seorang kerabat dari Thingol, di Doriath.

Setelah Perang Wrath, Valar melarang pemimpin Buangan dari kembali ke Negeri Tanpa Kematian, sehingga salah satu dari mereka pemimpin Galadriel tetap menjadi Exile di Dunia Tengah. Pada akhir Zaman Ketiga, ketika dia menolak Cincin, dia akhirnya diizinkan kembali ke Valinor.

Tales belum selesai mengumpulkan banyak account lain dari Galadriel dan Celeborn. Salah satu highlights ini versi kedua bagaimana Galadriel datang ke Dunia Tengah. Dia tinggal dengan ibunya kerabat di pelabuhan Telerin dari Alqualondë dan ada bertemu Celeborn, yang akan menjadi suaminya dan co-penguasa. Celeborn, oleh akun ini, adalah cucu Olwë ini. Galadriel dan Celeborn berlayar dari Barat dan datang ke Beleriand terpisah dari dua host utama dari Noldor (salah satu yang Fëanor memimpin di kapal-kapal dari Teleri, yang lain dipimpin oleh Fingolfin dan Finrod yang melintasi Helcaraxë). Galadriel demikian tidak terlibat langsung dalam pemberontakan para pangeran Noldorin dalam versi ini, dan memang berperang melawan mereka di Alqualondë selama kinslaying tersebut; tapi dia jatuh di bawah Ban dari Valar karena ia meninggalkan Negeri Tanpa Kematian tanpa izin. Dalam Beleriand ia dan Celeborn disambut oleh Thingol dan tinggal di Doriath. Ketika tiba di Noldor Beleriand, Galadriel kembali menjalin hubungan dengan saudara-saudaranya. Dalam versi ini cerita, dia menawarkan pengampunan oleh Valar, tapi menolak keluar dari kebanggaan dan karena itu tetap di bawah Ban. Bahkan kemudian menyumbang dari Tales Unfinished, ditulis tidak lama sebelum Tolkien meninggal, Galadriel bahkan tidak tunduk pada Ban, dan tetap di Tengah-bumi kemauan sendiri.

Dalam kedua versi Celeborn dan Galadriel tidak memainkan peran penting dalam Pertempuran Beleriand, karena mereka menilai Perang Jewels menjadi putus asa terhadap kekuatan Morgoth ini. Sedikit yang menceritakan kegiatan mereka berikutnya di Zaman Pertama, dan mereka meninggalkan Beleriand sebelum Perang of Wrath.

Kedua Umur
Mereka melakukan perjalanan pertama ke Lindon, di mana mereka memerintah atas sekelompok Elf, mungkin sebagai wilayah kekuasaan di bawah Gil-galad yang merupakan Tinggi Raja terakhir dari Noldor. Menurut Mengenai Galadriel dan Celeborn, mereka kemudian dipindahkan ke tepi Danau Nenuial (Evendim), dan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan dan Lady dari semua Peri Eriador.

Kemudian, sekitar SA 700, mereka pindah ke arah timur dan mendirikan (atau menyambut ke) ranah Eregion atau Hollin. Pada saat ini mereka melakukan kontak dengan pemukiman Nandorin di lembah Anduin, yang kemudian menjadi Lothlorien. Di beberapa titik Celeborn dan Galadriel meninggalkan Eregion (di mana Celebrimbor baik telah atau sekarang menjadi penguasa) dan menetap di Lothlorien. Menurut beberapa laporan, mereka menjadi penguasa Lothlorien untuk waktu selama Zaman Kedua; tetapi di semua account mereka akan kembali ke Lorien untuk mengambil kekuasaan setelah Amroth hilang di tengah Zaman Ketiga.

Pada awal Zaman Kedua, Numenor Raja Tar-Aldarion disajikan beberapa biji mallorn untuk Gil-galad, tinggi-Raja Noldor di Dunia Tengah, penguasa Kerajaan Lindon, ranah barat di Dunia Tengah; tetapi ini tidak berakar di kerajaannya, sehingga Gil-galad memberi mereka bukan untuk Galadriel. "Di bawah kekuatannya" yang mellyrn telah tumbuh di tanah Lothlorien, tetapi "mereka tidak mencapai ketinggian atau ketebalan dari rumpun Numenor." [4]

Celeborn dan Galadriel memiliki seorang putri, Celebrian, yang kemudian menikah Elrond Setengah-elven dari Rivendell, sehingga membuat Galadriel dan suaminya Celeborn kakek-nenek si kembar Elladan dan Elrohir dan adik-adik mereka Arwen Undomiel, masa depan Ratu Reunited Kerajaan Gondor dan Arnor.

Selama Zaman Kedua, ketika Rings of Power yang ditempa, Galadriel tidak mempercayai Annatar, yang loremaster yang mengajarkan kerajinan of the Rings untuk Celebrimbor dan lainnya Noldor dari Eregion. Menurut beberapa laporan, Celebrimbor memberontak terhadap pandangan dan merebut kekuasaan di Eregion, sehingga Galadriel berangkat ke Lorien melalui gerbang Moria, meskipun Celeborn tinggal di belakang karena ia menolak untuk memasuki kubu para kurcaci '. Ketidakpercayaan nya dibenarkan, untuk Annatar terungkap sebagai Sauron berpura-pura menjadi seorang utusan dari Vala Aule. Ketika Sauron menyerang Eregion, Celebrimbor dipercayakan Galadriel dengan salah satu dari Tiga Cincin dari Peri, Nenya, cincin Air atau Ring of Adamant. Celeborn bergabung dengan Elrond, yang berlaku tidak mampu meredakan Eregion tetapi berhasil melarikan diri kembali ke Imladris. Celeborn bertemu kembali dengan Galadriel setelah perang berakhir; menurut salah satu teks, setelah beberapa tahun di Imladris (selama Elrond pertama kali melihat dan jatuh cinta dengan Celebrian) Galadriel ini laut kerinduan menjadi begitu kuat bahwa pasangan dipindahkan ke Belfalas dan tinggal di tempat yang kemudian disebut Dol Amroth. [5]

Dengan jatuhnya Gil-galad dalam Perang terakhir Alliance, Galadriel, Elrond, dan Cirdan menjadi yang paling menonjol dari para penguasa di antara elf di Dunia Tengah, dan Galadriel terkemuka dari Buangan tersisa.

Ketiga Umur [sunting]
Sadar kekuasaan Sauron dan ingin menggagalkan itu, dia tidak menggunakan cincin nya selama Cincin itu di tangan Sauron. Namun, selama Zaman Ketiga, ketika Cincin itu hilang, dia menempatkan miliknya untuk digunakan dalam membuat Lorien perlindungan yang adil untuk Nandor di tahun-tahun setelah kepergian dan hilangnya Amroth dan Nimrodel. Galadriel dipertahankan kewaspadaan konstan terhadap Sauron dan sering bertengkar dengan dia di pikiran. Sauron dikatakan memiliki keinginan besar untuk melihat ke dalam pikirannya, tapi tidak bisa selama ia tidak memiliki Cincin. Selama bagian akhir Zaman Ketiga, ketika Lothlorien ditutup untuk orang luar, Tuhan dan Lady dari Galadhrim dipertahankan komunikasi dengan Imladris, tapi kurang begitu dengan Silvan Peri Mirkwood. Dia adalah Convenor asli dari Dewan Putih.

Di The Fellowship of the Ring, Galadriel menyambut Fellowship untuk Lothlorien setelah pelarian mereka dari Moria. Ketika dia bertemu dengan Fellowship di kediaman pohon nya di Caras Galadhon, dia memberi setiap anggota mencari tampilan, menguji tekad mereka - meskipun Boromir ditafsirkan tes ini sebagai godaan. Dia pada gilirannya diuji ketika Frodo Baggins ditawarkan untuk menempatkan cincin di menjaga dirinya. Mengetahui bahwa pengaruh merusak yang akan membuatnya "besar dan mengerikan", dan mengingat ambisi yang pernah membawanya ke Dunia Tengah, ia menolak Cincin. Dia menerima bahwa kekuatan cincinnya sendiri akan gagal dan bahwa rakyatnya akan berkurang dan memudar dengan kehancuran Cincin itu, dan bahwa dia hanya melarikan diri dari memudar dari Peri dan kekuasaan Pria itu kembali akhirnya ke Valinor. Ada saran dalam novel, didukung oleh tulisan-tulisan lain, [6] yang di pengakuan penolakan ini kekuasaan larangan pribadinya dari Valinor terangkat dan ia akhirnya diberikan cuti untuk kembali atas laut.

Ketika Fellowship meninggalkan Lothlorien, dia memberi setiap anggota hadiah dan jubah Elven, dan dilengkapi partai dengan perahu dan perlengkapan, baik sebagai dukungan praktis dan sebagai simbol iman, harapan dan niat baik.

Pada hari bahwa Fellowship meninggalkan Lorien, Gandalf tiba, dibawa oleh elang Gwaihir. Galadriel menyembuhkan luka-lukanya dan reclothed dia putih, menandakan status barunya sebagai kepala Istari. Selama pertempuran terakhir dari Perang Cincin, Lorien dilaporkan dikepung tiga kali oleh tentara Dol Guldur. Dinyatakan bahwa Lorien menolak serangan karena keberanian penghuninya; tetapi juga bahwa "kekuatan yang diam ada terlalu besar untuk setiap untuk mengatasi, kecuali Sauron telah datang ke sana sendiri." [7]

Setelah Sauron tewas, Celeborn memimpin sejumlah Lorien seluruh Anduin dan menangkap Dol Guldur. Galadriel keluarlah dan "melemparkan dinding dan meletakkan telanjang lubang nya", mengingat perbuatan Luthien Tinuviel, yang melakukan hal yang sama di Tol Sirion di Era Pertama.

Galadriel melewati laut besar dengan Elrond, Gandalf, dan cincin-pembawa Bilbo Baggins dan Frodo, menandai akhir Zaman Ketiga. Celeborn tetap di belakang, dan Tolkien menulis bahwa "tidak ada catatan hari ketika akhirnya ia mencari Grey Havens". [8] Dia adalah satu-satunya pemimpin orang-orang buangan Noldorin untuk kembali. Dia berusia lebih dari 7.000 tahun pada waktu itu.

Nama dan gelar [sunting]
Galadriel awalnya bernama Artanis ('ar' T. = mulia, 'nis' = wanita, nama umum untuk perempuan kerajaan dari Peri, yang paling menonjol sebagai dalam bentuk Arwen, cucu Galadriel), dan Nerwen ('ner' T. = pria, 'wen' = gadis, gadis maka jantan), mengacu pada tinggi dan kekuatannya; Galadriel adalah versi Sindarinized dari Telerin Quenya Alatáriel (Q. 'alata' = kilauan, 'riel' = gadis dimahkotai dengan karangan bunga), nama yang diberikan padanya oleh Celeborn, mengacu pada rambutnya perak-emas. [Rujukan?]

Nama Galadhriel (S. 'galadh' = pohon, 'riel' = dinobatkan gadis) digunakan di luar Lorien oleh orang-orang yang tidak tahu hari-hari kuno dan sejarah Galadriel ini, membingungkan galad dengan kata galadh Sindarin dan nama Galadhrim , orang-orang dari Lorien. [9]

Sebagai penguasa Lothlorien, dia disebut oleh berbagai judul, termasuk "Lady of Lorien", "Lady of the Wood", dan (dengan Gimli) [10] "Queen Galadriel" [11] - meskipun, menurut akun Tolkien di Tales Unfinished, baik dia maupun Celeborn mengambil judul kerajaan sendiri, karena mereka dianggap mereka tapi penjaga Lorien. [12] Dia juga disebut sebagai "Lady of Light" (terjemahan dari Galadriel) atau sebagai "White Lady ", kulit yang adil dan jubah putih membuatnya tampak

2)Lord Celeborn Lord of Lorient
Celeborn pertama kali muncul di The Fellowship of the Ring '. Dia juga muncul sebentar di Tolkien (pada saat diterbitkan) legenda yang ada dari Zaman Pertama, The Silmarillion; dalam bab 13, 22, 24 dan juga "Dari Rings of Power dan Zaman Ketiga". Tolkien merasa bahwa Elf dari Celeborn yang penting harus memiliki keturunan yang mulia, dan menghabiskan beberapa tahun mencoba untuk menyelesaikan asal-usulnya.

Kebanyakan tulisan yang ada menggambarkan Celeborn sebagai Sindarin Elf dari Doriath, kerajaan Thingol. Dalam satu teks spekulatif oleh Tolkien, yang diterbitkan di Tales Unfinished, [3] Celeborn adalah cucu dari adik Thingol lebih muda Elmo (yang muncul di tempat lain). Bahwa Celeborn dan Thingol terkait disarankan oleh rambut perak mereka, warna yang terkait dengan House of Elwë dan Olwë dan jarang disebutkan di luar rumah kerajaan dari Sindar. Miriel Serindë, ibu dari Fëanor, juga memiliki rambut perak, seperti yang dilakukan Eärwen, putri Olwë dan ibu dari Galadriel. Asal Sindarin ini untuk Celeborn diadopsi oleh Christopher Tolkien untuk The Silmarillion, yang menggambarkan Celeborn sebagai "kerabat dari Thingol" dan menambahkan sebuah paragraf tentang pernikahan Celeborn untuk Galadriel. [4]

Di akhir hidupnya Tolkien mengusulkan skenario yang berbeda (juga dijelaskan dalam Tales Unfinished): Celeborn adalah Telerin Elf dari Valinor, cucu Olwë, bernama Teleporno di Telerin. (Ini membawa dia lebih dekat untuk menjadi rekan dan sama Galadriel dan membuat kemitraan mereka lebih seimbang.) Dia bertemu Galadriel ketika dia tinggal di Telerin kota Alqualondë, sebelum pemberontakan dari Noldor. Mereka memutuskan untuk melakukan perjalanan bersama-sama ke Dunia Tengah, tanpa meminta izin dari Valar untuk melakukannya. Mereka membuat jalan mereka ke Middle-earth independen dari Fëanor, dan dalam beberapa versi cerita Galadriel jatuh di bawah Ban dari Valar, dalam versi lain tidak. Tolkien tidak pernah menyebutkan Ban berlaku untuk Celeborn. Menurut cerita ini, nama Teleporno adalah "Sindarized" sebagai Celeborn: Telerin telpe ("perak") (Noldorin Quenya tyelpe) diterjemahkan ke Sindarin keleb (atau celeb).

Asal diubah ini tidak diadopsi dalam diterbitkan Silmarillion, terutama karena itu akan mengharuskan menulis ulang utama dari bagian-bagian awal untuk menjelaskan keberangkatan terpisah dari Galadriel. Masalah selanjutnya adalah bahwa keturunan ini akan membuat sepupu pertama Celeborn Galadriel ini, dan Peri tidak pernah menikah kerabat dekat.

Pada awal Zaman Kedua, Celeborn tampaknya memerintah atas Peri di Lindon. Celeborn dan Galadriel kemudian memerintah atas Peri dari Eregion (setidaknya di beberapa account), sebelum menetap di Lothlorien.

Pada akhir Zaman Ketiga Celeborn menyeberangi Anduin dengan banyak elf dari Lothlorien untuk menemukan "East Lorien". Ketika Galadriel meninggalkan Dunia Tengah tak lama setelah itu, Celeborn menetap di Rivendell untuk bergabung cucunya Elladan dan Elrohir. Prolog untuk The Fellowship of the Ring menyatakan bahwa "tidak ada catatan dari hari ketika akhirnya ia mencari Grey Havens, dan dengan dia pergi memori hidup dari hari Elder di Dunia Tengah

Tidak ada komentar :

Posting Komentar